Bank Soal: Ekosistem

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

Vicry

Anggota terkenal
Anggota Staf
Guru
Reputation: 100%
23 Aug 2022
260
125
3,280
343
Bagian #1

1. Manda mengamati komponen-komponen penyusun ekosistem taman sekolah. Hasil pengamatan yang diperoleh Manda sebagai berikut.
1) Tanah
2) Tanaman palem
3) Ulat daun
4) Batu
5) Jamur
6) Kerikil
7) Cacing tanah
8) Batu bata

Pengelompokan komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem taman sekolah yang tepat adalah . . . .
Komponen BiotikKomponen Abiotik
a.1), 4), 6), dan 8)2), 3), 5), dan 7)
b.2), 3), 5), dan 7)1), 4), 6), dan 8)
c.2), 4), 7), dan 8)1), 3), 5), dan 6)
d.3), 4), 5), dan 7)1), 2), 6), dan 8)
e.3), 5), 7), dan 8)1), 2), 4), dan 6)

2. Hari menemukan beberapa jenis organisme di sekitar rumahnya. Organisme yang ditemukan antara lain cacing tanah, kutu kayu, dan luing. Di dalam ekosistem, organisme tersebut berperan sebagai . . . .
a. konsumen sekunder
b. konsumen primer
c. dekomposer
d. detritivor
e. produsen

3. Sekelompok kelinci dan kambing di padang rumput yang saling berinteraksi akan membentuk . . . .
a. bioma
b. individu
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas

4. Di dalam ekosistem sungai terdapat fitoplankton, zooplankton, udang, kepiting, Algae, teratai, dan ikan sepat. Organisme autotrof penyusun ekosistem tersebut, yaitu . . . . a. fitoplankton, zooplankton, dan udang
b. zooplankton, ikan sepat, dan Algae
c. fitoplankton, Algae, dan teratai
d. kepiting, udang, dan ikan sepat
e. teratai, Algae, dan kepiting

5. Dandi melakukan pengamatan di ekosistem sawah. Saat melakukan pengamatan di ekosistem tersebut, Dandi menemukan beberapa jenis organisme, seperti wereng cokelat, katak, walang sangit, jamur, tomcat, dan ular sawah. Peran walang sangit dan wereng cokelat dalam ekosistem tersebut adalah . . . .
a. pengurai
b. produsen
c. konsumen tersier
d. konsumen primer
e. konsumen sekunder

6. Interaksi berikut yang menunjukkan kompetisi interspesifik adalah . . . .
a. dua serigala jantan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan
b. burung blekok dan burung kuntul mempe- rebutkan ikan kecil
c. sesama singa jantan berkelahi mempe- rebutkan singa betina
d. sesama ayam betina berkelahi mempe- rebutkan makanan
e. dua ekor ular sawah memperebutkan tikus

7. Di halaman rumah Bu Yasmin terdapat tanaman mangga. Pada batang pohon mangga tersebut terdapat tumbuhan paku simbar menjangan. Pola interaksi yang terjadi antara pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan adalah . . . .
a. pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan saling menguntungkan
b. pohon mangga diuntungkan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan dirugikan
c. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
d. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan tidak terpengaruh
e. pohon mangga tidak terpengaruh, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan

8. Di dalam ekosistem dapat terjadi interaksi antara tanaman raflesia dengan akar tumbuhan liana. Bentuk interaksi antara kedua makhluk hidup tersebut sama dengan bentuk interaksi antara . . . .
a. tumbuhan lumut dengan pangkal pohon cemara
b. tumbuhan benalu dengan pohon rambutan
c. lebah dengan tumbuhan berbunga
d. ikan badut dengan anemon laut
e. ikan hiu dengan ikan remora

9. Dalam ekosistem kebun ditanami beberapa tanaman cabai, ada enam ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burung pipit hinggap di dahan pohon mangga. Di batang pohon mangga juga terdapat banyak semut. Terlihat seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang tanaman jambu air dan memberi makan tujuh ekor kelinci. Berdasarkan uraian tersebut, jumlah populasi yang terdapat dalam ekosistem tersebut sebanyak . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

10. Jamur Penicillium sp. termasuk jamur yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik. Jamur ini dapat berinteraksi dengan bakteri Gram positif. Jamur Penicillium sp. menghasilkan racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif. Sementara itu, jamur Penicillium sp. tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara jamur Penicillium sp. dengan bakteri Gram positif disebut . . . .
a. kompetisi intraspesifik
b. kompetisi interspesifik
c. simbiosis komensalisme
d. simbiosis amensalisme
e. simbiosis parasitisme

Kunci Jawaban


Sumber: IP Kelas X Kurikulum Merdeka
 
Bagian #2

1. Pernyataan yang benar mengenai peristiwa yang terjadi pada rantai makanan adalah . . .
a. Peningkatan populasi predator akan mengakibatkan peningkatan populasi mangsa.
b. Peningkatan populasi mangsa akan mengakibatkan peningkatan populasi predator.
c. Penurunan populasi mangsa akan mengakibatkan peningkatan populasi predator.
d. Peningkatan populasi mangsa akan mengakibatkan penurunan populasi predator.
e. Penurunan populasi mangsa tidak ber- pengaruh terhadap populasi predator.

2. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem berikut!
jaring-jaring makanan

Pernyataan yang tepat mengenai kedudukan organisme dalam jaring-jaring makanan tersebut adalah . . .
a. Singa menduduki tingkat trofik 1.
b. Rumput menduduki puncak trofik.
c. Kelinci dan rusa menduduki tingkat trofik 2.
d. Musang dan kelinci menduduki tingkat trofik yang sama.
e. Serigala merupakan organisme yang menduduki tingkat trofik 5.

3. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!
peran ulat dalam jaring-jaring makanan

Berdasarkan jaring-jaring makanan tersebut, peran ulat, burung prenjak, dan burung elang secara berurutan adalah . . . .
a. konsumen III, konsumen II, dan konsumen I
b. konsumen II, konsumen I, dan konsumen III
c. konsumen I, konsumen II, dan konsumen IV
d. konsumen II, konsumen I, dan produsen
e. produsen, konsumen I, dan konsumen II

4. Rantai makanan berikut yang termasuk rantai makanan perumput adalah . . . .
a. tanaman padi → belalang → katak → ular
b. bangkai hewan → belatung → ayam → ular
c. potongan daun → cacing tanah → ayam → musang
d. hancuran daun → cacing tanah → itik → musang
e. serpihan kayu → kumbang kayu → burung pelatuk → burung alap-alap

5. Di ekosistem sawah terjadi jaring-jaring kehidupan seperti berikut.
ekosistem sawah

Organisme yang dapat menduduki tingkat trofik 2, yaitu . . . .
a. burung pipit dan burung alap-alap
b. garangan dan burung alap-alap
c. tikus dan burung alap-alap
d. burung pipit dan tikus
e. tikus dan garangan

6. Perhatikan gambar piramida ekologi berikut!
piramida ekologi

Berdasarkan piramida ekologi tersebut, energi yang diterima oleh konsumen sekunder sebesar . . . .
a. 0,7 kkal
b. 7 kkal
c. 70 kkal
d. 700 kkal
e. 7.000 kkal

7. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!
melengkapi jaring-jaring makanan

Hewan P yang tepat untuk melengkapi jaring- jaring makanan tersebut beserta perannya adalah . . . .
a. kadal, berperan sebagai konsumen tersier
b. katak, berperan sebagai konsumen primer
c. jangkrik, berperan sebagai konsumen sekunder
d. laba-laba, berperan sebagai konsumen sekunder
e. walang sangit, berperan sebagai konsumen primer

8. Perhatikan daur fosfor berikut!
daur fosfor berlangsung

Pada bagian yang ditunjuk oleh huruf X berlangsung proses . . . .
a. pengubahan fosfat organik dari organisme yang telah mati menjadi fosfat anorganik
b. pengambilan unsur fosfor dari lingkungan dalam bentuk fosfat organik
c. pengikatan fosfat anorganik dan menyediakannya bagi tumbuhan
d. pelepasan fosfor dari hasil penguraian fosfat anorganik ke atmosfer
e. pembentukan fosfat organik dari unsur- unsur fosfat

9. Perhatikan gambar siklus air berikut!
siklus air

Berdasarkan siklus tersebut, proses yang terjadi pada bagian I, II, dan III secara berturut-turut adalah . . . .
a. kondensasi, transpirasi, dan presipitasi
b. evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
c. transpirasi, infiltrasi, dan kondensasi
d. transpirasi, presipitasi, dan infiltrasi
e. evaporasi, presipitasi, dan infiltrasi

10. Perhatikan daur karbon berikut!
daur karbon

Proses yang berlangsung pada bagian yang ditunjuk huruf M dan N secara berurutan adalah . . . .
Proses MProses N
a.fotosintesisrespirasi
b.respirasidekomposisi
c.dekomposisifotosintesis
d.pembakaranfotosintesis
e.pembakarandekomposisi

Kunci Jawaban
 
Bagian #1

1. Manda mengamati komponen-komponen penyusun ekosistem taman sekolah. Hasil pengamatan yang diperoleh Manda sebagai berikut.
1) Tanah
2) Tanaman palem
3) Ulat daun
4) Batu
5) Jamur
6) Kerikil
7) Cacing tanah
8) Batu bata

Pengelompokan komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem taman sekolah yang tepat adalah . . . .
Komponen BiotikKomponen Abiotik
a.1), 4), 6), dan 8)2), 3), 5), dan 7)
b.2), 3), 5), dan 7)1), 4), 6), dan 8)
c.2), 4), 7), dan 8)1), 3), 5), dan 6)
d.3), 4), 5), dan 7)1), 2), 6), dan 8)
e.3), 5), 7), dan 8)1), 2), 4), dan 6)

2. Hari menemukan beberapa jenis organisme di sekitar rumahnya. Organisme yang ditemukan antara lain cacing tanah, kutu kayu, dan luing. Di dalam ekosistem, organisme tersebut berperan sebagai . . . .
a. konsumen sekunder
b. konsumen primer
c. dekomposer
d. detritivor
e. produsen

3. Sekelompok kelinci dan kambing di padang rumput yang saling berinteraksi akan membentuk . . . .
a. bioma
b. individu
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas

4. Di dalam ekosistem sungai terdapat fitoplankton, zooplankton, udang, kepiting, Algae, teratai, dan ikan sepat. Organisme autotrof penyusun ekosistem tersebut, yaitu . . . . a. fitoplankton, zooplankton, dan udang
b. zooplankton, ikan sepat, dan Algae
c. fitoplankton, Algae, dan teratai
d. kepiting, udang, dan ikan sepat
e. teratai, Algae, dan kepiting

5. Dandi melakukan pengamatan di ekosistem sawah. Saat melakukan pengamatan di ekosistem tersebut, Dandi menemukan beberapa jenis organisme, seperti wereng cokelat, katak, walang sangit, jamur, tomcat, dan ular sawah. Peran walang sangit dan wereng cokelat dalam ekosistem tersebut adalah . . . .
a. pengurai
b. produsen
c. konsumen tersier
d. konsumen primer
e. konsumen sekunder

6. Interaksi berikut yang menunjukkan kompetisi interspesifik adalah . . . .
a. dua serigala jantan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan
b. burung blekok dan burung kuntul mempe- rebutkan ikan kecil
c. sesama singa jantan berkelahi mempe- rebutkan singa betina
d. sesama ayam betina berkelahi mempe- rebutkan makanan
e. dua ekor ular sawah memperebutkan tikus

7. Di halaman rumah Bu Yasmin terdapat tanaman mangga. Pada batang pohon mangga tersebut terdapat tumbuhan paku simbar menjangan. Pola interaksi yang terjadi antara pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan adalah . . . .
a. pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan saling menguntungkan
b. pohon mangga diuntungkan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan dirugikan
c. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
d. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan tidak terpengaruh
e. pohon mangga tidak terpengaruh, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan

8. Di dalam ekosistem dapat terjadi interaksi antara tanaman raflesia dengan akar tumbuhan liana. Bentuk interaksi antara kedua makhluk hidup tersebut sama dengan bentuk interaksi antara . . . .
a. tumbuhan lumut dengan pangkal pohon cemara
b. tumbuhan benalu dengan pohon rambutan
c. lebah dengan tumbuhan berbunga
d. ikan badut dengan anemon laut
e. ikan hiu dengan ikan remora

9. Dalam ekosistem kebun ditanami beberapa tanaman cabai, ada enam ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burung pipit hinggap di dahan pohon mangga. Di batang pohon mangga juga terdapat banyak semut. Terlihat seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang tanaman jambu air dan memberi makan tujuh ekor kelinci. Berdasarkan uraian tersebut, jumlah populasi yang terdapat dalam ekosistem tersebut sebanyak . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

10. Jamur Penicillium sp. termasuk jamur yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik. Jamur ini dapat berinteraksi dengan bakteri Gram positif. Jamur Penicillium sp. menghasilkan racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif. Sementara itu, jamur Penicillium sp. tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara jamur Penicillium sp. dengan bakteri Gram positif disebut . . . .
a. kompetisi intraspesifik
b. kompetisi interspesifik
c. simbiosis komensalisme
d. simbiosis amensalisme
e. simbiosis parasitisme

Kunci Jawaban
*** Hidden text: cannot be quoted. ***


Sumber: IP Kelas X Kurikulum Merdeka
 
Asesmen 1

1. Vino mengamati komponen-komponen ekosistem yang ada di lingkungan rumahnya. Hasil pengamatan yang diperoleh Vino seperti berikut.
1) Tanaman mangga
2) Bebatuan
3) Cacing tanah
4) Ayam
5) Udara
6) Tanah
7) Pohon kelapa
8) Cahaya matahari
9) Air
10) Tanaman bayam

Pengelompokan komponen abiotik dan komponen biotik yang ditemukan Vino dalam tabel berikut yang benar adalah . . . .
Soal_komponen_biotik_abiotik.webp


2. Bayu melakukan pengamatan di ekosistem sawah. Saat melakukan pengamatan di ekosistem tersebut, Bayu menemukan beberapa jenis organisme, seperti katak, wereng cokelat, walang sangit, jamur, tomcat, dan ular sawah. Peran walang sangit dan tomcat dalam ekosistem tersebut secara berturut-turut adalah . . . .
a. pengurai dan konsumen tersier
b. produsen dan konsumen sekunder
c. konsumen tersier dan konsumen primer
d. konsumen sekunder dan konsumen tersier
e. konsumen primer dan konsumen sekunder

3. Perhatikan gambar berikut!
sapi_burung.webp

Pasangan organisme berikut yang memiliki kesamaan pola interaksi dengan organisme pada gambar tersebut adalah . . . . a. ikan remora dan ikan hiu
b. manusia dan kutu rambut
c. anemon laut dan kelomang
d. tanaman benalu dengan pohon yang ditumpangi
e. bakteri Rhizobium sp. dan tanaman polong-polongan

4. Contoh interaksi predasi dalam suatu ekosistem adalah . . . .
a. rubah memangsa kelinci
b. dua ayam jago memperebutkan ayam betina
c. ikan remora yang selalu mengikuti ikan hiu
d. dua serigala jantan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan
e. rumput teki yang tumbuh berdampingan dengan tanaman budi daya

5. Di ekosistem kebun tumbuh beberapa tanaman cabai, ada delapan ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burung prenjak hinggap di dahan sebatang pohon jambu air. Di batang pohon jambu air juga terdapat banyak semut. Selain itu, ada seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang pohon rambutan dan memberi makan lima ekor kelinci. Jumlah populasi yang terdapat pada ekosistem tersebut sebanyak . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

6. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!
Soal jaring-jaring makanan

Pola interaksi yang mungkin terjadi dalam jaring-jaring makanan tersebut adalah . . . .
a. predasi antara laba-laba dan burung elang
b. kompetisi antara belalang, ulat, dan kelinci
c. simbiosis parasitisme antara kelinci dan laba-laba
d. simbiosis komensalisme antara kelinci dan burung elang
e. simbiosis mutualisme antara belalang dan burung ketilang

7. Perhatikan beberapa rantai makanan berikut!
1) Bunga sepatu → ulat → burung ketilang → burung elang.
2) Serpihan kayu → kumbang kayu → burung pelatuk → burung alap-alap.
3) Tanaman sawi → belalang → katak → ular.
4) Bangkai cecak → belatung → ayam → ular.
5) Potongan daun → cacing tanah → ayam → musang.

Rantai makanan detritus ditunjukkan oleh angka . . . .
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

8. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!
soal jaring-jaring makanan

Berdasarkan jaring-jaring makanan tersebut, peran fitoplankton, kepiting, dan udang karang secara berurutan adalah . . . .
a. produsen, konsumen 1, dan konsumen 2
b. produsen, konsumen 2, dan konsumen 3
c. konsumen 1, produsen, dan konsumen 2
d. konsumen 1, konsumen 2, dan konsumen 3
e. konsumen 2, konsumen 3, dan konsumen 4

9. Pada piramida ekologi, konsumen primer menempati tingkat trofik ....
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V

10. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di ekosistem hutan berikut!
soal ekosistem jaring makanan

Pernyataan yang benar mengenai aliran energi dalam ekosistem tersebut adalah . . .
a. Singa berperan mengalirkan energi dari konsumen sekunder ke lingkungan.
b. Kelinci berperan mengalirkan energi dari konsumen primer ke konsumen sekunder.
c. Musang berperan mengalirkan energi dari konsumen primer ke konsumen tersier.
d. Serigala berperan mengalirkan energi dari konsumen tersier ke konsumen primer.
e. Rusa berperan mengalirkan energi dari konsumen primer ke konsumen sekunder.

Kunci Jawaban
 
  • Like
Reactions: suzhie
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
Similar threads Most view View more

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.

Tentang Kami

  • Dewan Guru adalah sebuah situs forum diskusi yang bertujuan untuk menyediakan ruang diskusi antara guru dan murid pada berbagai jenjang pendidikan, dari PAUD hingga SMK. Situs ini menyediakan berbagai kategori forum yang terkait dengan pelajaran pada setiap jenjang pendidikan, serta forum khusus untuk tugas dan PR. Para guru dan murid dapat bergabung dalam forum dan berdiskusi tentang cara mengajar atau belajar yang efektif, membagikan pengalaman dan ide, serta mendapatkan bantuan atau saran dari yang lain. Dengan adanya Dewan Guru, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah akses untuk mendapatkan informasi serta solusi dalam belajar dan mengajar.

User Menu