Mengenai Teknologi Informasi pada Pendidikan

Moh. MuntariVerified member

Anggota baru
Guru
Daftar
7 Jan 2023
Pesan
1
Skor reaksi
2
Poin
1
> Berikut ini pertanyaannya:

> 1. Sejauh mana perkembangan teknologi membantu guru dalam proses pengajaran di kelas?

> 2.Apa tantangan guru-guru di Indonesia di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat terutama dalam meningkatkan proses pembelajaran peserta didik?

> 3. Apa problem mendasar yang masih dihadapi guru-guru di Indonesia berkaitan dengan penerapan atau pengaplikasian teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran?
 
Halo Pak @MOH. MUNTARI , saya coba jawab ya.
  1. Teknologi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran di kelas. Contoh sederhana, dulu guru-guru masih menggunakan kapur tulis untuk menulis, tetapi sekarang menggunakan spidol. Menulis dengan spidol lebih ringan daripada menulis dengan kapur. Contoh lain, dengan power point (PPT) guru mudah mempresentasikan materi pembelajaran dibandingkan harus menulis materi di papan tulis.
  2. Tantangannya adalah kurangnya literasi digital atau literasi komputer di antara guru-guru di Indonesia. Kebanyakan guru apalagi yang sudah tua tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk menggunakan perangkat teknologi (misalnya laptop/komputer) atau perangkat lunak (misalnya power point, excel, dll), dalam proses pembelajaran.
  3. Untuk menjawab pertanyaan nomor 3 ini mungkin kita perlu melakukan riset. Tetapi menurut saya, problem mendasar yang dihadapi para guru adalah literasi digital yang rendah. Mengapa rendah, karena guru-guru tidak dibekali dengan pengetahuan TIK sejak awal. Setelah menjadi guru mereka punya sedikit waktu untuk belajar lagi atau mereka sudah merasa berat untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi.
Itu saja :)
 
Halo Pak @MOH. MUNTARI , saya coba jawab ya.
  1. Teknologi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran di kelas. Contoh sederhana, dulu guru-guru masih menggunakan kapur tulis untuk menulis, tetapi sekarang menggunakan spidol. Menulis dengan spidol lebih ringan daripada menulis dengan kapur. Contoh lain, dengan power point (PPT) guru mudah mempresentasikan materi pembelajaran dibandingkan harus menulis materi di papan tulis.
  2. Tantangannya adalah kurangnya literasi digital atau literasi komputer di antara guru-guru di Indonesia. Kebanyakan guru apalagi yang sudah tua tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk menggunakan perangkat teknologi (misalnya laptop/komputer) atau perangkat lunak (misalnya power point, excel, dll), dalam proses pembelajaran.
  3. Untuk menjawab pertanyaan nomor 3 ini mungkin kita perlu melakukan riset. Tetapi menurut saya, problem mendasar yang dihadapi para guru adalah literasi digital yang rendah. Mengapa rendah, karena guru-guru tidak dibekali dengan pengetahuan TIK sejak awal. Setelah menjadi guru mereka punya sedikit waktu untuk belajar lagi atau mereka sudah merasa berat untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi.
Itu saja :)
Setuju, tapi saya ras pak @MOH. MUNTARI tidak termasuk di poin 2 dan 3.
 
Tentu saja tidak. Buktinya beliau bisa mendaftar dan menggunakan forum ini untuk memulai diskusi atau membuat pertanyaan. Sementara guru-guru lain masih banyak yang tidak bisa mengonfirmasi email pendaftaran, mengganti password, dll. Parahnya lagi, saya pernah dengar cerita ada kepala sekolah yang jatuh sakit ketika ikut pelatihan gara-gara dia kurang mampu menggunakan laptop, intinya literasi digital dan komputernya kurang.
 
Apa problem mendasar yang masih dihadapi guru-guru di Indonesia berkaitan dengan penerapan atau pengaplikasian teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran?
  • Pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi (TIK) masih kurang, perlu ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan.
  • Kurangnya sarana dan prasarana yang berkaitan dengan aplikasi teknologi di bidang pendidikan. Misalnya tidak semua guru mampu dan mau membeli laptop, sekolah tidak mau dan atau mampu menyediakan proyektor di setiap kelas.
 
Back
Top