- Daftar
- 15 Aug 2022
- Pesan
- 32
- Skor reaksi
- 28
- Poin
- 18
Rekan-rekan guru di mana saja berada. Ada beberapa model Teknik Penilaian Formatif yang bapak ibu bisa lakukan untuk mengumpulkan nilai siswa/i, mencakup Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama.
Guru dapat melakukan Penilaian formatif dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan oleh peserta didik misalnya sebagai pekerjaan rumah (PR). Peserta didik mengerjakan tugas tersebut secara individu atau dalam kelompok. Dari hasil pekerjaan yang telah diselesaikan, Anda sebagai guru dapat mengetahui perkembangan peserta didik dalam menguasai materi/kompetensi.
Jika hasil belajar masih kurang, selanjutnya guru dapat memberi umpan balik dan merancang pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
Daftar cek kelas merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan informasi mengenai pemahaman peserta didik pada satu bab pembelajaran. Ini dilakukan sebelum bapak/ibu memulai satu bab baru. Buatlah daftar semua keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik.
Isi dalam tabel mencakup daftar nama peserta didik dan keterampilan yang harus dikuasai. Tempel tabel pada papan atau letakkan di tempat yang mudah terlihat.
Selama peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran, pendidik mengamati dan memberi tanda centang pada keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik dengan tingkat kemahiran yang diinginkan.
Berikut ini contoh tabel daftar cek untuk kelas berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Catatan: Jumlah kolom menyesuaikan dengan keterampilan yang akan dicapai.
Guru dapat meminta peserta didik untuk menjawab sejumlah pertanyaan secara bersama-sama. Model ini dapat membantu bapak/ibu guru bila ingin mengetahui tingkat pemahaman peserta didik secara cepat.
Dengan memperhatikan jumlah dan isi jawaban peserta didik dengan seksama, Anda akan mendapat gambaran apakah peserta didik telah memahami dengan baik apa topik yang dipelajari oleh peserta didik.
Di samping itu, model penilaian jawaban bersama mendorong semua peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses penilaian.
Itu saja tentang Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama, semoga membantu bapak/ibu guru semua.
Model Penugasan
Guru dapat melakukan Penilaian formatif dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan oleh peserta didik misalnya sebagai pekerjaan rumah (PR). Peserta didik mengerjakan tugas tersebut secara individu atau dalam kelompok. Dari hasil pekerjaan yang telah diselesaikan, Anda sebagai guru dapat mengetahui perkembangan peserta didik dalam menguasai materi/kompetensi.
Jika hasil belajar masih kurang, selanjutnya guru dapat memberi umpan balik dan merancang pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
Daftar cek
Daftar cek kelas merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan informasi mengenai pemahaman peserta didik pada satu bab pembelajaran. Ini dilakukan sebelum bapak/ibu memulai satu bab baru. Buatlah daftar semua keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik.
Isi dalam tabel mencakup daftar nama peserta didik dan keterampilan yang harus dikuasai. Tempel tabel pada papan atau letakkan di tempat yang mudah terlihat.
Selama peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran, pendidik mengamati dan memberi tanda centang pada keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik dengan tingkat kemahiran yang diinginkan.
Berikut ini contoh tabel daftar cek untuk kelas berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Nama | Topik | Pembuka, Isi, dan Penutup | Gagasan runtut | Berbicara dengan lancar | Suara terdengar jelas |
---|---|---|---|---|---|
Ahmad | |||||
Aisyah | |||||
George | |||||
Made | |||||
dst. |
Catatan: Jumlah kolom menyesuaikan dengan keterampilan yang akan dicapai.
Jawaban Bersama
Guru dapat meminta peserta didik untuk menjawab sejumlah pertanyaan secara bersama-sama. Model ini dapat membantu bapak/ibu guru bila ingin mengetahui tingkat pemahaman peserta didik secara cepat.
Dengan memperhatikan jumlah dan isi jawaban peserta didik dengan seksama, Anda akan mendapat gambaran apakah peserta didik telah memahami dengan baik apa topik yang dipelajari oleh peserta didik.
Di samping itu, model penilaian jawaban bersama mendorong semua peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses penilaian.
Itu saja tentang Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama, semoga membantu bapak/ibu guru semua.