Taksonomi Bloom adalah

Taksonomi Bloom adalah sebuah kerangka kerja pendidikan yang dikembangkan oleh seorang psikolog bernama Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Taksonomi Bloom bertujuan untuk mengklasifikasikan berbagai tingkat pemahaman dan kognisi dalam pembelajaran, yang kemudian digunakan untuk merencanakan dan mengembangkan tujuan pembelajaran serta mengukur prestasi belajar siswa. Taksonomi Bloom terkenal karena mengelompokkan tujuan pembelajaran menjadi enam tingkatan, mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi dalam hal kompleksitas:

  1. Pengetahuan (Knowledge): Ini adalah tingkat paling dasar di mana siswa hanya perlu mengingat fakta-fakta atau informasi yang telah diajarkan. Ini bisa berupa pengingatan fakta, definisi, atau konsep dasar.
  2. Pemahaman (Comprehension): Di tingkat ini, siswa diharapkan untuk memahami informasi yang telah dipelajari. Mereka dapat menggambarkan kembali konsep atau ide dengan kata-kata mereka sendiri dan menunjukkan pemahaman terhadap materi.
  3. Penerapan (Application): Siswa harus dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman mereka untuk memecahkan masalah atau situasi baru. Mereka dapat menghubungkan teori dengan aplikasi praktis.
  4. Analisis (Analysis): Tingkat ini melibatkan kemampuan siswa untuk membedah informasi, mengidentifikasi hubungan antara unsur-unsur, dan mengidentifikasi pola atau aspek-aspek penting.
  5. Evaluasi (Evaluation): Siswa diharapkan dapat menilai informasi atau argumen, membuat keputusan, dan menghasilkan penilaian berdasarkan kriteria tertentu. Ini melibatkan kemampuan untuk membuat penilaian kritis.
  6. Penciptaan (Synthesis): Ini adalah tingkat tertinggi dalam taksonomi Bloom, di mana siswa mampu menggabungkan informasi dari berbagai sumber untuk menciptakan sesuatu yang baru. Mereka dapat menghasilkan ide, produk, atau konsep baru.

Taksonomi Bloom telah menjadi alat penting dalam pendidikan dan pengembangan kurikulum. Ini membantu pendidik merencanakan pembelajaran yang efektif dengan memastikan bahwa tujuan pembelajaran mencakup berbagai tingkatan kognitif dan pemahaman. Selain itu, taksonomi ini dapat digunakan untuk mengukur kemajuan belajar siswa dan menilai efektivitas instruksi.
 
Similar threads Most view View more

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.

Tentang Kami

  • Dewan Guru adalah sebuah situs forum diskusi yang bertujuan untuk menyediakan ruang diskusi antara guru dan murid pada berbagai jenjang pendidikan, dari PAUD hingga SMK. Situs ini menyediakan berbagai kategori forum yang terkait dengan pelajaran pada setiap jenjang pendidikan, serta forum khusus untuk tugas dan PR. Para guru dan murid dapat bergabung dalam forum dan berdiskusi tentang cara mengajar atau belajar yang efektif, membagikan pengalaman dan ide, serta mendapatkan bantuan atau saran dari yang lain. Dengan adanya Dewan Guru, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah akses untuk mendapatkan informasi serta solusi dalam belajar dan mengajar.

User Menu