Lupa password akun belajar id

Anda tidak dapat mereset atau memulihkan sandi akun belajar id karena organisasi Anda membatasi perubahan sandi. Anda harus menghubungi administrator dalam hal ini kepala sekolah atau operator dapodik.
 
Sekarang sudah bisa reset password secara mandiri.

Panduan Mengganti (Reset) Password Akun belajar.id​


Panduan Mengganti (Reset) Password Akun belajar.idApabila Anda lupa kata sandi (password), selain melalui Admin Sekolah, sekarang Anda juga dapat melakukan reset (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri di situs belajar.id. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka laman https://belajar.id kemudian klik tombol ‘Reset Password’.

2. Masukkan data yang dibutuhkan dengan sesuai yaitu: Nama akun (user id) Akun belajar.id Anda dan Tanggal lahir.

3. Setelah mengisi data, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.

4. Kotak dialog untuk reset kata sandi akan muncul dan menampilkan email pribadi dan nomor handphone yang terdaftar pada email Akun belajar.id berdasarkan data yang Anda masukkan pada Dapodik sebelumnya.

Catatan: Data Akun belajar.id Anda tersinkronisasi dengan dengan data di Dapodik. Jika ada perbedaan atau kesalahan data, harap untuk melakukan perbaikan data terlebih dahulu di Dapodik agar dapat melakukan proses reset kata sandi sesuai dengan panduan ini.

5. Cek kembali data tersebut dan pilih metode yang diinginkan untuk mendapatkan informasi pengaturan ulang kata sandi Anda:

Klik tombol ‘Kirim Kode ke Email Pribadi’ untuk pengiriman tautan reset kata sandi ke email pribadi (bukan email belajar.id). Klik tombol tautan yang tertera pada email untuk melakukan reset kata sandi.

atau

Klik tombol ‘Kirim Kode ke Nomor Handphone’ untuk mengirimkan kode reset kata sandi melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar. Harap pastikan nomor handphone dalam kondisi aktif, memiliki pulsa, dan bisa menerima pesan SMS. Jika sudah menerima OTP, masukkan kode pada kolom 'Kode OTP'.

6. Ketik kata sandi baru Anda di kedua kolom yang tersedia kemudian klik tombol 'Ganti Password'.

7. Kotak dialog akan muncul jika reset kata sandi berhasil.

Apa yang harus dilakukan jika saya tidak menerima tautan atau kode?​


Jika Anda memilih untuk mengirimkan kode melalui email pribadi, pastikan:
  1. Email pribadi yang tertera sudah sesuai dengan email pribadi yang terdaftar di Dapodik dan tidak ada kesalahan pengetikan.
  2. Email pribadi dalam kondisi aktif dan sering digunakan.
  3. Cek seluruh folder email selain inbox, termasuk spam dan junk.
  4. Apabila belum menerima tautan melalui email pribadi, silakan mencoba metode pengiriman kode lainnya, yaitu melalui nomor handphone.
Apabila Anda memilih untuk mengirimkan kode melalui nomor handphone, pastikan:
  1. Nomor handphone yang tertera sudah benar dan sesuai dengan nomor handphone yang terdaftar di Dapodik.
  2. Nomor handphone dalam kondisi aktif dan memiliki pulsa untuk menerima SMS.
  3. Kondisi sinyal penyedia layanan dalam kondisi tersambung dengan baik.
  4. Apabila belum menerima kode OTP, silakan mencoba metode pengiriman lainnya, yaitu melalui email pribadi.
Jika kendala masih terjadi, harap untuk menghubungi Admin Sekolah untuk bantuan lebih lanjut reset kata sandi. Apabila proses reset password belum berhasil melalui Admin Sekolah, silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Penting!
Mohon untuk menyimpan informasi detail akun Anda dengan baik dan pilih tempat serta kata sandi yang tidak mudah diakses orang lain. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya, jika Anda kesulitan mengingat sandi.
 

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.
Back
Top
AdBlock Detected

Ups!, Pemblokir iklan Anda aktif.

Untuk pengalaman situs terbaik, harap nonaktifkan AdBlocker Anda karena pemblokir iklan juga memblokir fitur-fitur bermanfaat dari situs web kami.

Saya telah menonaktifkan AdBlock.