Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Hairun

Anggota
Guru
Daftar
15 Aug 2022
Pesan
32
Skor reaksi
28
Poin
18

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup ( Tulis & Ketik )​


Jika Anda membuat proposal surat lamaran kerja adalah Anda harus mencantum daftar riwayat hidup yang bagus dan menarik, tetapi bagaimana cara membuatnya?

Anda perlu membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar serta menarik bagi HRD perusahaan. Ini tidak terlalu sulit. Bahkan sekarang banyak toko atau tempat foto copy yang menjual bentuk atau format setengah jadi.

Bagaimana membuat format cv atau bentuk daftar riwayat hidup yang memang benar dan sesuai dengan keinginan HRD? Pak guru akan membantu Anda.

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (DRH)​


Daftar riwayat hidup adalah sebuah proposal atau lembar tulisan yang berisi "riwayat singkat" dari seorang pelamar pekerjaan. Isinya merupakan rangkuman informasi dari seseorang. Rangkuman informasi seperti apa? Tentu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda membuatnya. Jika Anda membuat DRH untuk tujuan melamar pekerjaan, maka isi rangkuman riwayat TIDAK BOLEH keluar atau melenceng dari dunia pekerjaan yang Anda tuju. Atau paling tidak informasi yang sesuai dengan permintaan dari perusahaan. Format DRH untuk semua perusahaan hampir sama atau serupa. Sangat jarang ada perusahaan yang meminta format khusus untuk dituliskan dalam riwayat pelamar pekerjaan.

Berikut adalah format penulisan Daftar Riwayat Hidup

1. Biodata​

Biodata adalah informasi mengenai pribadi Anda yang berisi:
  • Nama
  • Alamat KTP
  • Alamat Tempat Tinggal Sekarang
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Pendidikan Terakhir
  • Agama
  • Kewarganegaraan
  • Kontak ( No Hp/Email )
Untuk alamat, baiknya semua di isi (baik itu jika alamat anda sekarang berbeda dengan KTP ataupun sama ). Isikan saja keduanya.

2. Riwayat Pendidikan​

Riwayat pendidikan biasanya harus Anda tulis lengkap dan urut dari jenjang SD sampai pendidikan terahir, contohnya:
  • SD Negeri Inpres Kami wangi dari tahun 1980 sampai tahun 1986
  • SMP Negeri 2 Makapa lulus tahun 1993
  • SMA/SMK .... (isi sesuai dengan ijazah Anda)
  • Universitas .... (isi sesuai dengan ijazah Anda)

Isikan pendidikan formal atau resmi yang benar-benar Anda miliki ijazahnya. Jika anda menempuh pendidikan TIDAK FORMAL/tidak ada ijazahnya, maka tidak perlu anda tuliskan didalamnya.

3. Pengalaman Kerja​

Lebih bagus jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja, meskipun tidak harus, kecuali memang disyaratkan. Tidak masalah jika Anda memang benar-benar TIDAK memiliki pengalaman kerja (bisa dikosongkan). Pengalaman kerja yang bisa Anda isi misalnya magang/PKL sekolah/pengalaman bekerja di perusahaan, contoh:
  • Bekerja di PT ..... dari tahun .... sampai tahun ...
  • PKL di kantor .... dari tahun .... sampai tahun ...
  • Bekerja sebagai teknisi bengkel motor di bengkel ..... dari tahun ... sampai tahun ...
Berbeda dengan pendidikan yang biasanya harus dibutkikan dengan ijazah, pekerjaan tidak seperti itu. Anda bisa menuliskan jenis pekerjaan yang tidak formal TETAPI anda harus bisa mempertanggungjawabkan hal itu.

Jangan sekali kali menuliskan pengalaman bekerja yang anda TIDAK pernah bekerja disitu. Itu bisa menjadi senjata makan tuan jika HRD menyuruh anda menceritakan atau menjelaskan pekerjaan Anda seperti apa.

4. Kelebihan/Skill​

Mungkin sebagian dari Anda memiliki kelebihan atau keterampilan khusus. Bisa anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup. Kelebihan atau skill itu bermacam-macam, tidak harus skill yang "menakjubkan". Sopir atau bisa mengendarai sepeda motor + sim C saja sudah masuk kedalam skill atau kelebihan. Sepele, tetapi pada kenyataannya, banyak yang tidak bisa mengendarai sepeda motor. Skill itu contohnya seperti berikut:
  • Sopir SIM A/B/B1 dan seterusnya
  • Bisa bahasa asing (Arab, Inggris, Jepang, Mandarin, dll)
  • Las
  • Perbaikan mesin motor
  • Dan masih banyak lagi kelebihan yang bisa anda tuliskan.

Tips Membuat Riwayat Hidup​


Berikut beberapa tips membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan.

1. Tuliskan Deskripsi Lengkap​

Bagian deskripsi ini sudah saya jelaskan diatas, yang berisi : Biodata,riwayat pendidikan dan sebagainya. Tuliskan seperti yang saya contohkan di atas.

2. Pilih Format/Bentuk​

  • Tulis tangan
  • Ketik komputer sederhana( PDF/DOC ), atau
  • Ketik komputer + Design.
TIDAK ADA yang paling bagus diantara ketiganya. Semuanya bagus, hanya saja anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Bentuk Tulisan Tangan = Digunakan ketika anda melamar pekerjaan menggunakan lamaran kirim berkas manual (menggunakan map coklat dan dikirim melalui pos). Bentuk ketik komputer sederhana = Bisa digunakan untuk pengiriman manual menggunakan pos atau mengirimkan lamaran menggunakan email.
Bentuk ketik komputer + design = Khusus digunakan ketika Anda mengirim lamaran kerja via email.

3. Perhatikan Tulisan dan Bahasa​

Apapun bentuk yang Anda pilih, perhatikan tulisan dan bahasa yang Anda gunakan dalam tulisan. Gunakan bahasa resmi/baku. Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan, juga jangan menggunakan bahasa gaul ( lo, gue, dll).

4. Buat Design yang Menarik​

Jika Anda melamar via email serta ingin mengirimkan bentuk yang menggunakan design tambahan maka perhatikan dengan baik pemilihan desain CV Anda. Usahakan pilih desain yang sesederhana, rapi, menarik, dan mudah dibaca. JANGAN menggunakan desain berlebihan.

Sekian, semoga bermanfaat. Jika ada yang tidak jelas silahkan tanya di kolom diskusi.
 
Contoh daftar riwayat hidup

Contoh daftar riwayat hidup
 

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.
Back
Top
AdBlock Detected

Ups!, Pemblokir iklan Anda aktif.

Untuk pengalaman situs terbaik, harap nonaktifkan AdBlocker Anda karena pemblokir iklan juga memblokir fitur-fitur bermanfaat dari situs web kami.

Saya telah menonaktifkan AdBlock.